Senin, 28 November 2011

LOGO


Sebuah logo yang memiliki fungsi hebat haruslah memiliki kemampuan untuk dicetak secara offset printing, digital ataupun sablon pada banyak media tanpa kehilangan makna dan keindahannya. Kebutuhan akan fungsi membuat sebuah logo terbaik harus sederhana, bisa diskalakan, memberikan inspirasi dan semangat. Penting sekali untuk membuatnya tidak terlalu kompleks dan tidak memakai obyek yang diambil dengan kamera fotografi seperti bayangan menjadi bagian utamanya. Sebuah logo yang baik apabila dikurangi ukurannya atau bahkan ditambahkan serta ditempatkan kedalam berbagai media tidak kehilangan makna aslinya sebagai tambahan ia juga haruslah dapat terlihat indah meskipun tampil dalam warna hita dan putih saja.
Berikut ini beberapa ketentuan dalam membuat LOGO


1. Mudah di ingat (mark-ing)
Sebuah logo bisa menjadi mudah diingat, jika ada sebuah bentuk yang di interpretasikan. Adapun bentuk dari suatu logo biasanya diambil dari corporate, /produk atau layanan jasa dari perusahaan tersebut. Dengan bentuknya yang sederhana namun tetap memiliki daya tarik. Sekali lagi kesederhanaan adalah kunci dari desain logo

2. Daya tarik (Eye catching)
Sebuah logo harus memiliki nilai lebih, dengan bentuk yang mampu menarik perhatian yang dominan. Oleh karena itu bentuk logo harus dibuat dengan konsep yang unik dan punya karakter. Pembuatan suatu logo tidak menutup kemungkinan untuk diberi hiasan/bentuk-bentuk pemanis yang tentu saja sifatnya tidak dominan dan tidak menyimpangdari konsep awal bentuk logo yang terkait dengan suatu perusahaan, agar logo tidak terkesan monoton.
3. Bentuk tidak berubah -ubah
Perkembangan logo jelas dipengaruhi oleh trend atau zaman saat logo diciptakan, meskipun demikian tentu logo harus memiliki karakteristik atau bentuk dasarnya tetap seiring dengan perkembangan zaman. Sebab bentuk logo yang ada adalah identitas dari suatu perusahaan. Sehingga tidak harus melulu di ubah setiap tahun sebab konsumen akan merasa asing terkait logo tersebut.
4. Kompatibilitas
Sebuah logo harus tetap menarik dan jelas apabila diterapkan di semua media atau ada kecocokan baik bentuk dan warnanya. Jadi Logo harus bisa digunakan untuk iklan cetak dengan resolusi yang sangat tinggi misalkan di billboard atau bentuk yang lain yaitu; situs, di spanduk, di kartu nama, di brosur dan bahkan di Kaos.

demikian wacana tentang logo, semoga bermanfaat ..amie

0 komentar:

Posting Komentar